Recent Posts

Jumat, 11 November 2011

0 komentar

Fungsi keluarga yang paling mendominasi



                Dalam hidup berkeluarga banyak sekali fungsi keluarga yang kita rasakan. Fungsi keluarga itu maksudnya apa sih??? Fungsi keluarga adalah nilai kegunaan terhadap keluarga yang kita rasakan dan ditinjau dari berbagai aspek. Fungsi keluarga terdiri dari 5 aspek,yaitu:
1.       FUNGSI BIOLOGIS.
                Fungsi biologis adalah fungsi yang di tinjau/dipandang dari segi biologis. Contohnya orang tua mengajarkan hal biologis untuk anak.

2.       FUNGSI PEMELIHARAAN.
                Fungsi pemeliharaan adalah salah satu fungsi keluarga yang sebagian besar semua orang rasakan. Dari umur kandungan sampai lahir didunia kita terus dirawat dan dipelihara sampai besar. Mungkin ada juga segelintir orang yang tidak merasakan fungsi ini. Banyak yang menjadi dasaran kenapa mereka tidak bisa merasakan fungsi ini.

3.       FUNGSI EKONOMI.
                Dari kata ekonomi kita juga sudah mengerti maksud dari arti ekonominya. Fungsi ekonomi pun menjadi tokoh besar dalam fungsi keluarga yang banyak orang rasakan. Ada yang tinggal dengan kondisi ekonomi tinggi,sedang maupun kecil. Dengan fungsi ekonomi keluarga kita bisa merasakan pendidikan minimal SD(Sekolah Dasar).
                Kenapa minimal SD , karena dari tingkat ekonomi pendidikan juga mempengaruhi, apalagi untuk keluarga yang memepunyai tingkat ekonomi rendah.

4.       FUNGSI KEAGAMAAN.
                Fungsi keagamaan sudah tentu banyak yang merasakan , karena setiap individu yang terlahir didunia sudah pasti mempunyai kenyakinan/agama masing-masing. Dari umat islam sendiri contoh yang mendalam pada aspek ini adalah orang tua yang mengajak anak-anak dan istrinya sholat berjamaah.

5.       FUNGSI SOSIAL.
                Fungsi sosial artinya dengan keluarga kita bisa hidup bersosial, hidup bersama, hidup saling membutuhkan. Karena tanpa dengan fungsi ini kita tidak akan mengerti arti sosial yang mendalam.

                Dari penjabaran yang saya buat, ada beberapa aspek yang sangat mendominasi di dalam hidup berkeluarga di keluarga saya. Yang paling utama adalah pemeliharaan,karena saya dan adik-adik saya sangat merasakan itu. Orang tua saya memelihara kami dengan baik dan sangat baik.
                Selain itu kami juga merasakan fungsi ekonomi dan fungsi keagamaan yang berimbang. Mungkin itu saja yang bisa sekarang saya rasakan yang paling mendominasi.
                Terima kasih telah membaca readers J

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Entri Populer