Recent Posts

Minggu, 01 Juli 2012

0 komentar

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

 MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



Tanggung Jawab itu apa sih????



       Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya



Makna Tanggung Jawab itu sendiri apa??


Ketika seseorang melakukan sesuatu dengan ada konsekuensinya maka itu saat itulah rasa tanggung jawab muncul. Dari perlakuan tersebut akan terasa makna dari tanggung jawab.


Macam-macam Tanggung Jawab !!

       Manusia itu berjuang adalah memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain. Untuk itu ia menghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. Dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan, yaitu kekuasaan Tuhan. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya, atas dasar ini, lalu dikenal beberapa macam tanggung jawab, yaitu:
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
    Tanggung Jawab untuk diri sendiri muncul ketika kita melakukan suatu perbuatan yang berakibat kepada diri kita sendiri. Misalnya, kita akan merubah tampilan diri kita. Dengan kita merubah tampilan diri kita berarti kita harus siap untuk menerima komentar orang terhadap diri kita, itulah contoh kecil dari tanggung jawab terhadap diri sendiri.

2. Tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
   Sebagai manusia kita pasti bersosialisasi minimal dengan keluarga. Tanggung jawab pribadi terhadap keluarga adalah menjaga nama baik keluarga. Jika kita telah melakukan sosialisasi didalam keluarga dengan baik tidak  mungkin lingkungan sekitar tidak mengajak kita bersosialisasi juga. masyarakat percaya sifat baik kita didalam keluarga. Dan tanggung jawab kita terhadap masyarakat adalah menjaga kepercayaan masyarakat lingkungan sekitar tersebut.

3. Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara
   Sebagai bangsa indonesia tanggung jawab kita adalah menjaga kebudayaan indonesia dan menjaga nama baik indonesia.

4. Tanggung jawab terhada Allah swt.
     Bumi dan segala isinya adalah milik Alllah Swt dan kewajiban kita sebagai hamba allah swt adalah menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.
PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
Pengabdian akan muncul ketika kita bisa menjalankan tanggung jawab kepada apa yang kita abdi.
Pengorbanan adalah perlakuan yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh untuk menunjukan rasa abdi dan tanggung jawab kita.

 sumber:
http://nak-baliparadise.blogspot.com/2012/06/manusia-dan-tanggung-jawab.html
    

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Entri Populer