Recent Posts

Selasa, 19 Maret 2013

0 komentar

ABOUT WEB


Definisi Web
Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi web:

# JASMADI & E-MEDIA SOLUSINDO
Web adalah salah satu bagian dari website. Jika sebuah website ibarat buku, maka halaman web adalah halaman-halaman di dalamnya

# SUWANTO RAHARJO S.Si, M.Kom
Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.
  
# YUHEFIZAR
Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser

Sejarah Web

Penemu website adalah Sir Timothy John “ Tim ” Berners - Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempatnya bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN ( tempat dimana Tim bekerja ) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website dapat berisi hyperlink ( pranala ) yang menghubungkan ke website lain, jadi, terkadang perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak terlalu terlihat.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya dapat berupa komputer pribadi , laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, atau yang disebut HTTP Server, dan pengertian ini dapat menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman - halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services ( IIS ).

Macam-macam Situs Web

Ini adalah klasifikasi website menrut sifatnya :

Website statis yaitu sebuah website yang dibuat oleh user / perusahaan dan hanya sesekali di update/ diperbarui infonya yang ada di dalam web tersebut.
Website Dinamis yaitu websitu dimana user yang membuat rajin menupdate websitu tersebut dengan info2 terbaru dan berkala.

Dan ini beberapa web menurut klasifikasi kegunaannya dan isi informasi dari web tersebut:

Portal
Portal, seperti Yahoo!, adalah situs Web yang yang menawarkan beragam layanan internet dari satu lokasi tunggal yang mudah digunakan. Misalnya menawarkan mesin pencari, direktori, berita terbaru, e-mail, game, dan banyak lagi. Contoh portal lainnya: AltaVista, AOL, MSN, dan Netscape.
Berita
Situs macam ini mengandung materi terbaru yang berhasil diliput dan ditampilkan dalam Web. Keuangan, olahraga, selebritis, hingga berita politik. Hal-hal yang biasanya hanya kita dapatkan dari televisi, radio, amupun surat kabar sekarang dapat diakses dengan mudah dengan sekali klik. Misalnya situs berita CNN.
Informasi
Jaman sekarang orang haus akan informasi, dan di Web terlah terdapat banyak situs-situs berisi banyak informasi yang susah didapat di dunia nyata. Ingin tahu lebih banyak tentang chord gitar misalnya, silakan buka Ulimate-guitar.
Bisnis
Situs ini berisi promosi barang atau jasa yang ditawarkan lewat internet. Biasanya dimiliki oleh perusahaan yang benar-benar eksis di dunia nyata. Tidak menutup kemungkinan kita dapat memesan barang secara online. Situs yang populer diantaranya adalah Ebay.
Pendidikan
Siapa bilang belajar cuma di sekolah dan buku? Di Web ada banyak situs pembelajaran yang dapat diandalkan mengisi waktu luang. Bahkan ada beberapa universitas yang menawarkan kuliah secara online dan mendapat seftifikat lewat cyberworld. Guru-guru sekolah yang melek internet juga biasanya memasang bahan pembelajaran dalam situs mereka untuk dapat dimanfaatkan anak didiknya. Salah satu contoh situs pebelajaran tentang komputer adalah Ilmu Komputer.


Pemanfaatan Website

Manfaat website banyak sekali, yang pasti kita banyak mendapat informasi yang belum kita tahu sama sekali dari web ini. Saya beri contoh manfaat dari segi bisnis. Dengan adanya website dengan basis bisnis, banyak sekali online shop, itu fakta sekarang,benar? Jadi kita tidak perlu pergi jauh untuk membeli suatu barang.
Itu adalah salah satu manfaat dari website yang saya jabarkan, banyak manfaat lainnya. 

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG :) 

Sumber:
 ( ** Terimakasih juga untuk para sumber, mohon izin :) )









0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Entri Populer